Kamis, 01 Oktober 2015

INTERNET HISTORY

A. Sejarah Internet

    Sejarah perkembangan Internet diawali dengan terbentuknya jaringan komputer pertama di Amerika Serikat yang diprakarsai olehblembaga yang bernama Advanced Research Project Agency ( ARPAnet ) yang pada saat itu menghubungkan empat buah komputer yang masing-masing berada di Stanford Research Institute ( SRI ), Universitas on California of Los Angles ( UCLA ), Universitas Utah Charley Kline, dan Universitas California Santa Barbara ( UCSB ). Saat itu, penggunaan bandwith masih sekitar 50 kbps yang dimiliki ATT ( American Telephone and Telegraph ). Kemudia pa tahun 1983, dengan ditemukannya protokol TCP/IP ( Transmision Control Protocol/Internet Protocol ) mulailah dikenal istilah Internet. Awalnya, Internet hanya di gunakan untuk kepentingan akademik dan militer di Amerika saja. Namun seiring dengan perkembangan waktu, mulai tahun 1990-an Internet mulai digunakan secara meluas dikalangan masyarakat umum.
      Tahun 1995, mulailah dikenal teknologi World Wide Web ato biasa di sebut Web yang berfungsi untuk menggantikan FTP, yaitu teknologi untuk melakukan proses pertukaran data. Dengan teknologi ini, Internet dapat menyediakan informasi dalam bentuk multimedia. Saat ini, Internet bahkan dapat digunakan melalui telepon dan alat komunikasi mobile seperti hanphone atau PDA ( Personal Data Assistant ) dengan menggunakan teknologi WAP ( Wireless application Protocol ).

B. Perangkat Keras untuk Akses Internet

      Peralayan yang digunakan untuk berkomunikasi dan mencari informasi di dalam jaringan internet pada umumnya adalah ethernet card, modem, dan router.
1. Ethernet Card
      Ethernet card adalah kartu yang dipasang pada mainboard sebagai alat penghubung komputer dalam suatu jaringan.
Jika dilihat dari kecepatannya, ethernet dapat dibedakan menjadi empat jenis, yakni :
a. 10 Mbit/detik, yang sering disebut Ethernet
    ( standar yang digunakan: 10Base2, 10Base5
     10BaseT, 10BaseF )
b. 100Mbit/detik, yang sering disebut sebagai  
     Ethernet ( standar yang digunakan:
     100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4,
     100BaseTX )
c. 1000Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering
    disebut sebagai Gigabit Ethernet ( standar 
    Yang digunkan: 1000BaseCX, 1000BaseLX,
    1000BaseSX, 1000BaseT )
d. 10000Mbit/detik atau 10Gbit/detik. Standar 
    ini belum banyak di implementasikan.

Adapun ethernet card di antaranya :
a. D-LINK DFE-528TX
b. D-LINK DFE 580TX
c. HP 434905-B21
d. HP Intel Pro 1000 PT
e. LINKSYS PLK200-UK

2. Modem

       Untuk dapat berkomunikasi melalui internet, selain sebuah komputer diperlukan sebuah alat yang dinamakan  modem. Oleh sebab itu, sekarang sudah menjadi standar sebuah unit komputer telah dilengkapi dengan modem.
   Modem merupakan singkatan dari modulator-demodulator. Modem adalah alat yang memungkinkan sebuah komputer dapat berkomunikasi dengan komputer lainnya melalui line telepon. Jika pada line telepon hanya dapat mengirimkan data dalam bentuk suara/analog, fungsi modem adalah menerjemahkan sinyal komputer yang berbentuk digital menjadi analog dan menerjemahkan kembali dari sinyal analog/suara kepada sinyal komputer yang berbentuk digital.
     Pada modem dilengkapi fasilitas kompresi data ( data compression ) yang memungkinkan komputer dapat mengirimkan data lebih banyak oleh sinyal atau gelombang analog melalui line telepon. Hal ini disebabkan kompresi data dapat mengurangi ukuran pertukaran file sampai separuhnya pada saat data dikirim. Selain itu, modem dilengkapi pula dengan dengan koreksi kesalahan ( error correction ) yang berfungsi untuk memeriksa dan memastikan data informasi yang diterima modem sama dengan data yang dikirim.
       Kinerja komputer akan semakin meningkat pada saat berkomunikasi dengan dilengkapi kompresi data dan koreksi kesalahan yang andal.

2 komentar: